TIPS DAN TRIK MOTOR

Perbandingan Suzuki Satria f150 injeksi dan Karburator






akhir-akhir ini Suzuki mengeluarkan bebek sport terbarunya yaitu Suzuki Satria F150 Injeksi. produk ini adalah hasil evolusi dari pendahulunya Suzuki Satria F150 karburator. dilihat dari Body, mesin, kelistrikan dll memang banyak perubahan karena memang motor ini menjadi sistem fuel injection. Suzuki Satria f150 injeksi ini diklaim bisa memuntahkan tenaga sebesar 18 DK lebih yang pendahulunya yang hanya 16 DK. nah sekarang kita liha perbandingan dari kedua motor ini.


Spesifikasi


Jenis Perubahan
Suzuki Satria f150
 Suzuki Satria Injeksi Terbaru
Body
Body biasa
 Body Lebih Sport dan Special
Kapasitas Mesin
Mesin 150cc
 Mesin 150cc
Pendingin
Oil Cooled
 Liquid Cooled (Radiator)
Mesin
4 tak, DOHC,
 4 tak, DOHC,
Tranmisi
6 Speed
 6 Speed
Kapasitas Tangki
4.2L
 4L
Sistem Starter
 Elektrik dan Kaki
 Elektrik dan Kaki
Rem Depan
 Cakram
 Cakram
Rem Belakang
 Cakram
 Cakram
Silinder
 1 silinder
 1 silnder
Perbandingan kompresi
 10.2:1
 11:5
Sistem Bahan Bakar
 Mikuni bs26
 Fuel Injection
Sistem Pengapian
CDI
 Euro3
Sistem Suplai BBM
 Karburator
 Injeksi
Footstep
 Model Bebek
 Model Lipat


memang dilihat dari keterangan di atas. banyak perubahan dari sektor pendingin Satria f150 injeksi ini berubah menjadi pendingin cair. ini dikarenakan kompresi yang meningkat dari 10,2:1 menjadi 11,5:1. pantas saja motor ini diklaim bertenaga 18 DK an. untuk sistem bahan bakar juga beralih ke Injeksi. jadi tidak bisa sembarang oprek tidak seperti Suzuki Satria f150 karbu yang bisa gonta ganti karburator. dan motor baru ini diklaim lebih irit dari pendahulunya.
untuk desain sejujurnya. saya pribadi lebih memilih Suzuki satria f150 yang karburator yang lebih elegan dan ramping. mantap untuk di modif ringan. tapi disetiap produk yang dikeluarkan oleh pabrik memiliki kelebihan dan kekurangan. dan untuk kekurangan satria injeksi ini hanya di bagian body yang tidak seelegan pendahulunya. hehe.

Test Real di Lapangan
lanjut ke test lapangan antara Suzuki satria f150 injeksi dan karburator di jarak 300 meter. disini saya menggunakan kedua motor yang masih full original, cuma untuk yang karbu umurnya sudah setahun dan yang injeksi baru 1 bulan. setelah dilakukan test drag oleh pembalap drag lokalan. memang dimenangkan oleh Satria f150 injeksi dengan jarak 2 ban. walaupun tukar joki tetap saja satria f150 injeksi ini menang. 

Kesimpulan
untuk performa suzuki satria f150 injeksi memang unggul.bahkan unggul dari kompetitornya. tetapi untuk desain saya pegang satria f150 karbu yang lebih keren.hehe.

sekian hasil corat coret saya kali ini dengan membahas kedua motor ini. semoga bermanfaat.




0 comments:

Post a Comment

Perbandingan Suzuki Satria f150 injeksi dan Karburator