akhir-akhir ini Suzuki mengeluarkan bebek sport terbarunya yaitu Suzuki Satria F150 Injeksi. produk ini adalah hasil evolusi dari pendahulunya Suzuki Satria F150 karburator. dilihat dari Body, mesin, kelistrikan dll memang banyak perubahan karena memang motor ini menjadi sistem fuel injection. Suzuki Satria f150 injeksi ini diklaim bisa memuntahkan tenaga sebesar 18 DK lebih yang pendahulunya yang hanya 16 DK. nah sekarang kita liha perbandingan dari kedua motor ini.
Spesifikasi
Jenis Perubahan
|
Suzuki Satria f150
|
Suzuki Satria
Injeksi Terbaru
|
Body
|
Body biasa
|
Body Lebih Sport dan Special
|
Kapasitas Mesin
|
Mesin 150cc
|
Mesin 150cc
|
Pendingin
|
Oil Cooled
|
Liquid Cooled (Radiator)
|
Mesin
|
4 tak, DOHC,
|
4 tak, DOHC,
|
Tranmisi
|
6 Speed
|
6 Speed
|
Kapasitas Tangki
|
4.2L
|
4L
|
Sistem Starter
|
Elektrik dan Kaki
|
Elektrik dan Kaki
|
Rem Depan
|
Cakram
|
Cakram
|
Rem Belakang
|
Cakram
|
Cakram
|
Silinder
|
1 silinder
|
1 silnder
|
Perbandingan kompresi
|
10.2:1
|
11:5
|
Sistem Bahan Bakar
|
Mikuni bs26
|
Fuel Injection
|
Sistem Pengapian
|
CDI
|
Euro3
|
Sistem Suplai BBM
|
Karburator
|
Injeksi
|
Footstep
|
Model Bebek
|
Model Lipat
|
memang dilihat dari keterangan di atas. banyak perubahan dari sektor pendingin Satria f150 injeksi ini berubah menjadi pendingin cair. ini dikarenakan kompresi yang meningkat dari 10,2:1 menjadi 11,5:1. pantas saja motor ini diklaim bertenaga 18 DK an. untuk sistem bahan bakar juga beralih ke Injeksi. jadi tidak bisa sembarang oprek tidak seperti Suzuki Satria f150 karbu yang bisa gonta ganti karburator. dan motor baru ini diklaim lebih irit dari pendahulunya.
untuk desain sejujurnya. saya pribadi lebih memilih Suzuki satria f150 yang karburator yang lebih elegan dan ramping. mantap untuk di modif ringan. tapi disetiap produk yang dikeluarkan oleh pabrik memiliki kelebihan dan kekurangan. dan untuk kekurangan satria injeksi ini hanya di bagian body yang tidak seelegan pendahulunya. hehe.
Test Real di Lapangan
lanjut ke test lapangan antara Suzuki satria f150 injeksi dan karburator di jarak 300 meter. disini saya menggunakan kedua motor yang masih full original, cuma untuk yang karbu umurnya sudah setahun dan yang injeksi baru 1 bulan. setelah dilakukan test drag oleh pembalap drag lokalan. memang dimenangkan oleh Satria f150 injeksi dengan jarak 2 ban. walaupun tukar joki tetap saja satria f150 injeksi ini menang.
Kesimpulan
untuk performa suzuki satria f150 injeksi memang unggul.bahkan unggul dari kompetitornya. tetapi untuk desain saya pegang satria f150 karbu yang lebih keren.hehe.
sekian hasil corat coret saya kali ini dengan membahas kedua motor ini. semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment